Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Strategi Pemasaran dan Kembangkan UKM Dimasa Pandemi yang Wajib Dicoba

4 min read

Strategi Pemasaran dan Kembangkan Ukm
Advertisement

Strategi Pemasaran dan Kembangkan UKM Dimasa Pandemi yang Wajib Dicoba – Pandemi virus covid-19 memang menjadi pukulan yang sangat berat bagi seorang pengusaha. Banyak bidang usaha yang mengalami kebuntuan bahkan mengalami gulung tikar karena penurunan penjualan, strategi pemasaran kurang tepat dan kemunduran ekonomi akibat covid-19.

Lantas, akankah hal ini berlangsung lama?

Belum ada yang dapat memperkirakan kapan pandemi ini akan berakhir. Namun Anda juga tidak bisa hanya berdiam saja melihat kehancuran ekonomi negara kita tercinta. Karena itu Anda perlu memikirkan beberapa langkah untuk mengembangkan suatu UKM (Usaha Kecil Menengah) guna menjaga perekonomian Indonesia terus meningkat.

Menurut data Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2018, UMKM merupakan 99,9% usaha yang berkembang di Indonesia. Memang UKM menjadi penyokong perekonomian terbesar di Indonesia. UKM menjadi sektor ekonomi yang memiliki potensi paling besar dan memiliki peluang untuk terus berkembang.

Pandemi saat ini memang  menjadi pukulan untuk para pelaku UKM, namun kita harus bangkit. Tidak ada perjuang sia – sia, dengan bangkitnya semangat UKM Indonesia maka menjadi awal bangkitnya perekonomian di Indonesia.

Karena itu pada masa pandemi corona sekarang, menjadi tanda kebangkitan semangat UKM Indonesia  dan semua bisnis bisa kembali pulih perlahan seperti sedia kala. Terlebih jika strategi pemasaran dan mengembangkan UKM ditengah pandemi dilakukan semaksimal mungkin. Lantas seperti apa strategi pemasaran dan kembangkan UKM ditengah pandemi yang wajib dicoba khususnya bagi pelaku usaha? Disini kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Strategi Pemasaran dan Kembangkan UKM Ditengah Pandemi

1) Lakukan peninjauan ulang isi rencana bisnis Anda

Jika sebelum covid-19 model bisnis yang Anda jalankan sangat bekerja secara optimal, maka belum tentu model bisnis Anda juga akan bekerja secara maksimal pasca covid-19. Karena itu menganalisa seperti apa industri bisnis Anda secara keseluruhan sangat penting untuk Anda lakukan.

Advertisement

Ketika Anda melakukan analisa atas pesaing Anda dan industri Anda secara menyeluruh, pastikan untuk Anda memperhatikan trend serta fokuslah untuk menemukan peluang. Ketika kemudian Anda membahas rencana bisnis serta model bisnis Anda, garis bawahi kekuatan serta kelemahannya seperti apa. Jangan pernah Anda lupa untuk melakukan peninjauan kembali tujuan bisnis Anda karena ini sangat penting bagi Anda.

2) Susun ulang anggaran untuk kembali membangun bisnis Anda

Agar Anda mampu keluar dari pandemi covid-19, Anda juga perlu mengeluarkan uang sebelum dapat menghasilkan uang. Jadi korbankan dulu sesuatu untuk mendapatkan sesuatu.

Sebagai suatu bagian dari proses, Anda harus memiliki gagasan yang jelas mengenai apa yang sedang Anda butuhkan untuk menyusun sebuah anggaran. Hal ini perlu Anda lakukan dengan tujuan untuk menghilangkan pemborosan moneter dan menghasilkan anggaran operasional serendah mungkin.

3) Buatlah timeline untuk masa pemulihan bisnis Anda

Salah satu aspek yang penting guna membantu Anda melakukan pemulihan terhadap bisnis adalah dengan memiliki timeline yang jelas. Sebagai contoh, misalkan Anda mendapatkan pendanaan untuk bisnis. Pastikan pendanaan tersebut tidak luluh lantah begitu saja. Pastikan ada pos – pos pengeluaran yang jelas atas pendanaan yang diterima.

Jika sudah tercapai semua itu Anda bisa membuat sebuah timeline untuk mempekerjakan karyawan, melakukan pengaturan ulang inventaris dan membuka kembali bisnis kecil yang telah mengalami masalah pada masa pandemi. Pastikan anggaran dan cash flow Anda stabil.

4) Buatlah rencana kontinjensi untuk kemungkinan adanya krisis berikutnya

Untuk bersiap dalam menghadapi suatu krisis berikutnya yang berkemungkinan terjadi, Anda harus meminimalisir kerugian yang sama dengan apa yang pernah Anda alami dengan cara membuat suatu rencana kontinjensi.

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk melindungi bisnis dari guncangan krisis yang sama pada kemudian hari. Untuk membuat sebuah rencana kontinjensi sendiri ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Salah satunya dengan memiliki dana darurat atau tabungan terpisah untuk keperluan pribadi dan bisnis. Anda juga dapat melakukan penyesuaian terhadap pembayaran utang dan pastikan Anda berusaha memangkas pengeluaran yang tidak penting supaya tetap dapat mengendalikan anggaran

5) Optimalkan sosial media yang Anda miliki

Social media merupakan media pemasaran yang terampuh saat ini, karena Anda tidak perlu mengluarkan biaya untuk media promosinya. Ada banyak media sosial saat ini seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatshapp dan lainnya.

Dengan melalui sosial media Anda hanya perlu membuat status kemudian seseorang akan melihat status Anda. Maka dari itu iklan melalui sosial media begitu sangat mudah, selain itu sudah banyak yang membuktikan penjualannya semakin meningkat.

6) Perbanyak relasi yang Anda miliki

Memang benar kata pepatah “Banyak teman banyak rizki”, dengan Anda menambah relasi dapat memeperluas pemasaran. Selain itu Anda juga dapat melakukan kerja sama, terlebih jika relasi Anda juga memiliki usaha yang selalu membutuhkan jasa Anda.

Dengan begitu usaha Anda akan tetap berjalan berkat dukungan dari para relasi. Kemudian jika pelayanan Anda baik besar kemungkinan relasi Anda akan mempromosikan ke relasinya yang lain. Hal ini sangat menguntungkan Anda karena itu merupakan keuntungan memiliki banyak relasi.

7) Onlinekan bisnis Anda

Pada era digital saat ini memiliki bisnis online merupakan suatu hal yang wajib, terlebih dalam kondisi pandemi corona. Dengan bisnis online, memudahkan pelanggan menemukan usaha yang Anda miliki. Selain itu cakupan usaha juga menjadi luas terlebih menggunakan layanan website dari MasterWeb.

MasterWeb memiliki Website Builder Terbaik yang memudahkan Anda dalam mendesain Website tanpa perlu pengetahuan coding. Anda juga dapat beli domain dan hosting melalu MasterWeb dengan harga yang sangat terjangkau. Karena MasterWeb memiliki Hosting UMKM, solusi yang tepat untuk website UKM Anda.

Itulah beberapa strategi pemasaran dan kembangkan ukm ditengah pandemi yang wajib dicoba. Selanjutnya Anda perlu menentukan untuk mengembangkan jenis UKM apa. Pemerintah memang sedang gencar-gencarnya melakukan perbaikan perekonomian guna membantu para pelaku UKM. Seperti dengan adanya BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari pemerintah untuk para UKM terdampak Covid-19.

Namun jenis usaha Anda yang tepat dan begitu banyak orang membutuhkannya membuat peluang usaha Anda semakin berkembang.  Maka dari itu Anda perlu menentukan jenis UKM yang dapat berjalan ditengah pandemi. Dan Anda perlu membuat konsep yang dapat mempermudah masyarakat dalam kondisi pandemi seperti sekarang.

Jenis UKM yang memiliki peluang

Lantas, apa sajakah jenis UKM akan berkembang ditengah pandemi? Tentunya jenis UKM yang membantu masyarkat saat ini, yang antara lain sebagai berikut :

1. UKM bidang Kuliner

Bidang kuliner kedepannya akan memang menjadi UKM yang dapat berkembang pesat. Terutama yang menyediakan  sistem delivery order yang memudahkan pembeli. Selain itu juga dapat melakukan pemesanan makanan secara online. Mengingat pada saat pandemi masayrakat lebih mengurangi kontak, maka dari itu dapat menjadi peluang Anda. Dengan adanya system delivery order masyrakat begitu sangat terbantu.

2. UKM bidang kebutuhan rumah tangga online

Pada saat pandemi masyarakat memiliki rasa khawatir yang tinggi karena kasus Covid-19 masih meningkat. Sehingga akan membuat mereka takut untuk pergi keluar rumah. Jadi dengan adanya UKM yang menjual kebutuhan rumah tangga secara online mereka tidak perlu memikirkan lagi bagaiman mereka harus belanja kebutuhan. Maka dari itu UKM jenis dapat Anda coba karena memiliki peluang yang besar.

3. UKM bidang Agribisnis

Pada bidang ini bergerak pada pertanian dan perternakan guna untuk menghasilkan buah, sayur, daging, dan lainya. Pola hidup sehat sedang berekembang dalam kehidupan masyarkat, maka kebutuhan akan makanan segar begitu tinggi. Masyarakat begitu membutukan UKM jenis ini, dengan adanya UKM yang bergerak pada bidang Agribisnis sehingga bahan makanan segar selalu tersedia. 

Advertisement
4. UKM bidang jasa pengiriman

Untuk menghindari kontak masayarakat lebih cenderung menggunkan jasa pengiriman barang. Bisa jasa pengiriman barang belanja maupun jasa pengiriman paket. Karena kemungkinan akan ada banyak pelaku UKM yang melayani delivery order. Sehingga UKM yang bergerak pada bidang pingiriman barang memiliki banyak peluang.

5. UKM bidang pendidikan non formal online

Selama pandemi corona semua sekolahan melakukan pembelajaran secara daring . Sehingga seringkali materi yang disampaikan kurang dipahami, akibatnya anak – anak menjadi tidak paham materi. Maka dari itu masyarakat memerlukan jasa bimbingan belajar online yang dapat membantu menjelaskan materi pelajaran. Karena rata – rata orang tua tidak memahai materi pembelajaran yang sekarang. Jadi tak heran UKM jenis ini begitu banyak yang membutuhkannya. Jika Anda memiliki kemampuan memahami pelajaran yang sekarang dapat memanfaatkan ini.

Dengan banyak usaha yang Anda lakukan untuk terus produktif mendorong lahirnya lebih banyak UKM yang bermunculan. Sehingga setelah pandemi corona selesai perekonomian Indonesia dapat kembali pulih. Selain itu dengan lahirnya UKM maka dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia akibat terdampak Covid-19.

Dengan bangkitnya semangat UKM Indonesia menjadi awal esok yang cerah untuk kita semua. Karena roda perekonomian akan terus berjalan dan kemakuran akan meningkat. Terlebih jika usaha Anda menggunakan layanan website dari MasterWeb guna meningkatkan penjualan. Bersama UKM membawa Indonesia menjadi negara yang memiliki perekonomian terkuat sedunia.

SEMANGAT PARA PELAKU UKM INDONESIA!

Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *