Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Cara Screenshot Laptop Acer, Asus, Lenovo dan Hp Dengan Mudah

2 min read

cara screenshot laptop

Cara Screenshot Laptop Acer, Asus, Lenovo dan Hp Dengan Mudah – Screenshot atau yang biasa dikenal dengan istilah SS begitu sangat dibutuhkan untuk dokumentasi layar dari laptop kita untuk berbagai macam keperluan. Sebenarnya screenshot laptop bukanlah hal yang baru. Fitur ini sendiri sudah terdapat pada sistem operasi bawaan dan berbagai aplikasi yang tersedia yang bisa kita install terlebih dahulu.

Baca jugaCara Mengatasi Laptop Hang dan Lemot

Namun mungkin ada sebagian dari sobat yang belum tahu bagaimana cara melakukan screenshot di laptop atau mencari aplikasi untuk screeshot. Maka dari itu mtncpedia akan membahas artikel  tentang cara screenshoot laptop dengan mudah. Tanpa lama ini beberapa cara yang bisa sobat coba untuk screenshot laptop.

Menggunakan PrintScreen

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah dan cepat. Karena sobat hanya tinggal menekan tombol PrtSrc / PrintScreen / Fn + PrintScreen (Beberapa Laptop) yang biasanya berada dipojok kanan atas. Kemudian hasil screenshot akan disimpan pada clipboard, nah disini sobat dapat langsung memasukan gambar ke word dengan cara Klik Kanan > Paste atau Ctrl + V. Semisalnya sobat ingin mengedit gambar pastekan pada aplikasi editor gambar seperti paint atau corel draw. Dan gambar bisa langsung diedit sesuai keinginan dan kebutuhan. Jika sobat menginginkan screenshot yang tersimpan di folder sobat bisa menekan Win + PrtScr. Untuk melihat hasilnya bisa dilihat di Pictures > Screenshots.

Menggunakan Snipping Tools

Snipping Tools merupakan aplikasi screenshot bawaan dari Wndows, bahkan aplikasi ini sudah sejak windows vista. Dengan aplikasi ini kita bisa menangkap layar dengan fleksibel baik seluruh layar atau hanya sebagian layar saja. Tentunya ini memudahkan sobat jika hanya ingin mengambil beberapa bagian saja untuk membuat tutorial maupun untuk membuat laporan. Dengan aplikasi ini juga sobat bisa mengambil gambar aplikasi yang sedang aktif sehingga yang ter-capture hanya aplikasi itu saja. Terdapat satu fitur tambahan lagi di Snipping Tool di Windows 10 yang tidak dimiliki oleh Snipping Tool di versi windows sebelumnya. Yaitu itu fitur delay dimana dengan ini sobat bisa lebih fleksibel mengatur berapa lama waktu tunggu Snipping Tool untuk mengambil screenshot sejak diaktifkan atau bisa dikatakan seperti timer pada kamera. Jadi sobat bisa melakukan perubahan atau penyesuain agar screenshot sesuai dengan yang kita harapkan. Sobat dapat menjalankan aplikasi Snipping Tool dengan cara tekan tombol Win > Windows Accessories > Snipping Tool. Selain itu juga bisa dengan mengetik search kemudian ketikkan Snipping Tool. Cara menggunakan Snipping Tool sangat mudah tinngal sobat klik New > pilih area screenshot yang sobat inginkan, apakah Free-form, Rectangular, Window, ataukah Full-screen.

Menggunakan Aplikasi Penangkap Layar

Jika menggunakan cara Print screen ataupun Snipping Tool belum bisa membantu sobat untuk screenshot laptop, sobat bisa mencoba aplikasi screenshot. Salah satu aplikasi screenshot yang menjadi favorit sebagian orang adalah PicPick yang selain fiturnya sudah lengkap juga sudah dilengkapi dengan editor gambar, sehingga sobat bisa langsung menambahkan text, tanda panah, blur, atau keterangan lain yang diperlukan. PicPick sendiri memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Paint, namun dengan fitur yang jauh lebih banyak. Selain itu dengan PicPick, sobat bisa mengambil screenshot dengan berbagai jenis ukuran layar dan juga dapat menambah watermark pada screenshot. PicPick ini sangat berguna untuk sobat yang sering menulis artikel tutorial di blog atau sedang membuat buku panduan.

Fitur :

  • Tangkap apa saja: Ambil tangkapan layar dari seluruh layar, jendela aktif, jendela gulir dan wilayah spesifik desktop Anda, dll.
  • Edit gambar Anda: Beri anotasi dan sorot gambar Anda: teks, panah, bentuk, dan lainnya dengan editor gambar bawaan yang menyertakan menu gaya Pita terbaru.
  • Tingkatkan dengan efek: Menambahkan efek ke gambar Anda dengan mudah: jatuhkan bayangan, bingkai, tanda air, mosaik, gerakan kabur, kontrol kecerahan dan banyak lagi.
  • Bagikan ke mana-mana: Simpan, bagikan, atau kirim gambar Anda melalui Web, email, ftp, Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Box, Evernote, Facebook, Twitter, dan lainnya.
  • Aksesori Grafis: Berbagai aksesoris desain grafis termasuk color picker, palet warna, penggaris piksel, busur derajat, crosshair, kaca pembesar, papan tulis.
  • Pengaturan yang dapat disesuaikan: Dengan pengaturan yang sangat canggih, Anda dapat menyesuaikan tombol pintas, penamaan file, kualitas gambar, dan banyak opsi lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah mugkin itu saja sobat artikel mtncpedia kali ini tentang Cara Screenshot Laptop Acer, Asus, Lenovo dan Hp Dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *