Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Cara Memulai Bisnis Travel Agent yang Bisa Dicoba

3 min read

bisnis travel agent
Advertisement

Cara Memulai Bisnis Travel Agent yang Bisa Dicoba – Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis, salah satu ide bisnis yang kita bisa mulai dan sangat menjanjikan adalah bisnis travel agent. Mengapa?

Karena travel merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan. Hampir setiap orang butuh traveling. Tak ada satu orang pun yang tidak butuh traveling karena traveling menjadi kegiatan yang dapat melepas penat dan dapat membuat otak kembali fresh setelah beraktivitas dan bekerja.

Baca juga : Ide Bisnis 2021 yang Dinilai Akan Berjaya Usai Pandemi

Karena itu menjalankan bisnis travel agent dapat menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis travel agent itu sendiri? Mengenai seperti apa cara memulai bisnis travel agent, mtncpedia akan bagikan informasi selengkapnya untuk Anda. Lets check these out!

Cara Memulai Bisnis Travel Agent

Bangun brand bisnis travel Anda semenarik mungkin

Cara memulai bisnis travel agent yang pertama harus Anda perhatikan adalah bagaimana Anda membangun brand bisnis Anda. Anda harus paham bahwa kesuksesan suatu bisnis adalah karena brand yang Anda bangun.

Semakin terkenal suatu brand travel agent maka potensi suksesnya akan semakin besar. Karena itu jika Anda memang ingin membangun bisnis guna jangka waktu panjang, maka bisnis travel agent yang Anda bangun butuh nama brand yang menarik untuk konsumen.

Advertisement

Suatu brand bisnis yang memiliki keunikan akan menarik lebih banyak lagi konsumen. Selain itu, dengan adanya brand bisnis juga dapat membantu memudahkan calon pelanggan seandainya mereka mencari situs website maupun alamat bisnis Anda melalui internet.

Buatlah paket wisata untuk menarik minat

Setelah Anda merancang apa saja kebutuhan untuk memulai suatu bisnis, kemudian yang Anda perlukan adalah membuat paket wisata untuk dipilih calon konsumen atau calon market Anda. Berikan banyak alternatif pilihan pada paket wisata yang Anda tawarkan.

Paket tersebut dapat berbentuk jumlah hari. Anda bisa membuat bundling wisata misalnya semakin lama atau semakin banyak hari pilihan konsumen, maka harganya akan jauh lebih murah. Paket yang Anda sediakan juga dapat berupa tujuan wisata yang pelanggan dapat memilihnya. Anda bisa menerapkan sistem apabila semakin banyak tujuan wisata pilihan maka akan semakin murah harganya.

Atau Anda bisa menyediakan paket yang menyediakan harga yang jauh lebih murah jika target market atau calon konsumen Anda membawa rombongan atau mengajak teman – teman mereka untuk bergabung.

Perkenalkan usaha baru Anda

Pastikan Anda mencoba untuk memperkenalkan usaha Anda kepada kerabat atau teman Anda. Cobalah minta bantuan mereka jika seandainya ada kebutuhan untuk kegiatan wisata, sehingga Anda akan menjadi pihak pemilik bisnis travel agent yang pertama mereka hubungi.

Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda sudah memiliki kesiapan yang matang untuk menjalankan bisnis travel agent Anda. Buat mereka terkesan bahwa bisnis Anda memang sudah siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Pastikan jangan sampai mereka mengalami keraguan untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada kerabat, teman atau saudara mereka.

Jadikan bisnis Anda bisnis travel agent online

Hal yang anda perlukan dalam membangun bisnis travel agent selanjutnya adalah menjadikan bisnis travel agent ini sebagai bisnis online. Ya, pada era digital seperti sekarang ini segalanya jadi lebih mudah karena bersifat online.

Dengan adanya bisnis travel agent online, bisnis yang Anda jalankan juga akan jauh lebih efektif dan jauh lebih efisien. Dengan mengonlinekan bisnis travel Anda, masyarakat bisa memesan jasa yang Anda tawarkan kapan saja dan dimana saja mereka membutuhkan.

Utamanya orang – orang yang sibuk, apabila mereka tidak bisa melakukan reservasi travel secara langsung, mereka akan terbantu dengan sistem online yang tersedia. Karena itu dengan Anda mengembangkan usaha travel Anda melalui platform digital maka hal tersebut memberi kemudahan calon pelanggan Anda untuk memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia.

Perluas relasi dan jaringan bisnis travel Anda

Dalam dunia bisnis Anda harus tahu dan paham bahwa seorang pebisnis tidak akan pernah bisa sukses dan bisnisnya tidak akan pernah berkembang secara pesat jika hanya berdiam dan tidak punya banyak relasi.

Karena itu Anda harus terus menerus belajar dan melakukan inovasi untuk mengembangkan usaha Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperluas relasi atau jaringan bisnis Anda. Karena tentu Anda harus tahu bahwa semakin luas jaringan bisnis Anda maka peluang kesuksesan yang Anda bisa lakukan akan jauh lebih besar.

Agar dapat meraih sukses, semua jenis bisnis pasti butuh bisnis lain. Begitu juga dengan bisnis travel agent Anda. Selain para karyawan, pebisnis lain dalam bidang yang sama juga dapat menjadi alasan penunjang bisnis Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menjalankan bisnis travel dengan menjual tiket maka Anda dapat melakukan kerja sama dengan bisnis rental dan jasa tour guide. Hal tersebut sangat penting untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda berkembang pesat.

Baca juga :Bisnis Makanan Ringan, Seperti Apa Peluangnya di Indonesia?

Lakukan promosi atas bisnis Anda

Apapun usaha yang dijalankan, termasuk jika Anda menjalankan bisnis travel agent, Anda perlu melakukan promosi bisnis Anda.

Anda dapat melakukan kegiatan promosi bisnis travel dengan berbagai macam cara. Cara pemasaran online atau pun offline dapat Anda jalankan. Beberapa promosi secara offline yang Anda bisa jalankan misalnya dengan memberikan brosur atau memasang pamflet yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Selain itu promosi dari mulut ke mulut juga sangat besar potensinya untuk bisnis Anda. Pelanggan loyal akan melakukan promosi dari mulut ke mulut bahkan tanpa Anda bayar.

Sementara untuk kegiatan promosi secara online, Anda bisa memakai sosial media seperti Facebook, Instagram, Line atau WhatsApp untuk melakukan kegiatan pemasaran. Jika memang membutuhkannya, Anda bisa beriklan melalui sosial media tersebut untuk memperluas pangsa pasar Anda.

Advertisement

Proses pemasaran yang dilakukan memang tidak akan langsung memberikan jaminan bahwa Anda akan segera mendapat konsumen setelah melakukan pemasaran. Akan tetapi dengan melakukan pemasaran secara professional dan berkala, hal tersebut dapat menjadikan bisnis Anda semakin populer dan membuat calon konsumen mempertimbangkan menggunakan layanan yang Anda perkenalkan kepada mereka.

Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen

Dengan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuat bisnis travel Anda menuju puncak kesuksesan. Dengan pelayanan baik yang Anda berikan, mereka berpotensi kembali menggunakan jasa travel Anda kemudian hari.

Mereka juga berpotensi untuk menyebarkan informasi tentang bisnis  travel Anda beserta layanan yang Anda berikan kepada orang terdekat mereka seperti kepada kerabat atau teman – teman. 

Itulah beberapa cara memulai bisnis travel agent yang Anda bisa lakukan. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses untuk Anda yang berkenan memulai bisnis pada bidang tersebut. Salam sukses wirausaha!

Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *