Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Cara Hemat Kuota Internet Semua Operator | LENGKAP

2 min read

Cara Hemat Kuota
Advertisement

Cara hemat kuota internet semua operator – Seperti yang kita tahu bersama, pada era sekarang internet sudah menjadi hal penting dan krusial. Sehari saja Sobat tidak memiliki paket data internet, bisa – bisa mood langsung berantakan.

Baca juga : Cara Cek Nomor Axis, XL, Telkomsel, Smarfren, Indosat, dan Three

Sayangnya, meski sudah banyak operator selular yang menawarkan paket data murah tetapi penggunaan kuota data yang cukup sering. Baik itu untuk kebutuhkan bersosial media, streaming, browsing dan lain – lain kerap membuat kuota internet Sobat cepat habis. Otomatis hal ini menyebabkan Sobat menjadi boros karena harus sebentar – sebentar membeli kuota internet.

Ingin paket internet Sobat bisa bertahan lebih lama? Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini mtncpedia telah merangkum cara hemat kuota internet. Penasaran simak langkahnya berikut ini.

Cara Hemat Kuota Internet Semua Operator
Advertisement

1. Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota Lebih Banyak

Cara hemat kuota internet pertama adalah dengan mengidentifikasi aplikasi mana saja yang paling banyak menyedot kuota internet. Ya, banyaknya aplikasi pada smartphone memang semakin memudahkan Sobat untuk melakukan berbagai hal. Namun dengan banyak aplikasi yang terinstal ternyata membuat meningkatnya penggunaan kuota data.

Cara mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data mudah sekali, yakni dengan mengunjungi menu Settings –> Data Usage. Scroll hingga ke bawah dan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak data Sobat. Jika Sobat memang ingin menghemat kuota internet, maka Sobat harus uninstall aplikasi tersebut.

2. Membatasi Penggunaan Data Aplikasi

Perlu diketahui, beberapa aplikasi yang terinstall pada smartphone memiliki opsi sinkronisasi dan opsi data sendiri. Sinkronisasi ini pastinya sangat penting peranannya, apalagi jika mengandalkan penyimpanan Cloud. Tapi, sadar nggak sih kalau ternyata proses sinkronisasi malah membikin boros kuota internet?

Jadi sobat perlu membatasi penggunaan data internet pada beberapa aplikasi yang tidak terlalu vital. Sobat dapat mengakses pengaturannya melalui menu Settings lewat aplikasi tersebut. Misalnya pada Google Photos, maka Sobat bisa masuk menuju ke menu Settings –> Penggunan Data -> Aktifkan Batasi Penggunaan Data Latar Belakang agar aplikasi tidak menggunakan kuota diam – diam. Dengan cara inilah Sobat pun bisa lebih hemat dalam penggunaan data selular.

Ini akan membantu memangkas aplikasi yang menggunakan data ketika berjalan pada background. Namun kendalanya jika Sobat melakukan hal ini adalah notifikasimu akan jadi terlambat.

3. Membatasi Update Aplikasi

Alternatif lain cara hemat kuota internet yang mudah adalah dengan membatasi update aplikasi. Tanpa Sobat sadari, update aplikasi biasanya banyak memakan kuota internet, sehingga yang demikian akan membuat boros kuota. Untuk mengatasi masalah tersebut Sobat harus mengaktifkan opsi WiFi Only.

Aplikasi yang terinstall pada smartphone akan mengupdate datanya ketika smartphone terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya mudah sekali, Sobat hanya perlu masuk ke Play Store dan memilih menu Settings –> Auto -> Update Apps –> Auto -> Update Apps Over WiFi Only.

4. Menggunakan Chrome Data Saver

Apabila Sobat salah satu pengguna browser Chrome, maka Sbat bisa menghemat penggunaan data internet dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver. Cara aktivasi fitur Data Saver mudah sekali, yakni lewat menu Settings –> Data Saver –> On. Fitur Data Saver secara otomatis akan mengompres data Anda hingga 50 persen.

5. Non-Aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tak Diinginkan

Dengan menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak Sobat gunakan secara berkala juga cara hemat kuoata. Untuk melakukannya Sobat harus masuk ke menu Settings –> Account –> Pilih Akun yang Tak Ingin Sobat sinkronisasikan. Cara tersebut akan membantu Sobat untuk menghemat penggunaan kuota data, sebab aplikasi yang bersangkutan tidak akan langsung terhubung ke internet.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Login MyTelkomsel, Mudah dan Cepat

Advertisement

6. Membatasi Penggunaan Kuota Internet

Apabila Anda salah satu pengguna smartphone Android, Anda pastinya tahu dengan fitur satu ini, Data Usage Warning dan Limit System. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memberikan peringatan ketika penggunaan data internetmu sudah melampaui batas. Untuk mengaktifkannya adalah dengan masuk ke menu Settings –> Data Usage –> Cellular Data –> Set Cellular Data Limit. Tak untuk mulai mengaktifkannya.

Nah, itu dia beberapa cara hemat kuota internet semua operator yang bisa mtncpedia informasikan. Semoga dapat membantu Sobat dan bermanfaat.

Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *