Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Bisnis Makanan Ringan, Seperti Apa Peluangnya di Indonesia?

3 min read

bisnis makanan ringan
Advertisement

Bisnis Makanan Ringan, Seperti Apa Peluangnya di Indonesia – Jika Anda ingin mendirikan suatu bisnis dan mencari bidang bisnis yang tidak pernah ada matinya, maka peluang bisnis yang sangat cocok Anda bidik adalah peluang bisnis bidang kuliner. Salah satunya Anda bisa menjalankan peluang bisnis makanan ringan yang potensi suksesnya sangat besar.

Selain itu, peluang bisnis makanan ringan termasuk salah satu peluang bisnis yang sangat minim resiko. Mengapa? Karena produk makanan ringan adalah produk yang tidak mudah basi. Jika hari ini tidak laku, Anda masih bisa menjualnya pada keesokan harinya.

Baca juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang Dollar Dengan Menjadi Frelancer Online

Mengenai seperti apa peluang bisnis makanan ringan di Indonesia, ulasan selengkapnya dapat Anda simak dalam uraian berikut ini. So, lets check these out!

Peluang Bisnis Makanan Ringan di Indonesia

Bisa dikatakan bahwa peluang bisnis makanan ringan di Indonesia sangat bagus. Peluang bisnis makanan ringan merupakan suatu peluang bisnis yang target marketnya sangat luas. Tidak hanya dapat menyeser target market anak – anak, makanan ringan khususnya yang punya cita rasa pedas bahkan dapat menyeser target market orang dewasa sekaligus.

Dalam memulai bisnis makanan ringan, yang paling penting Anda perhatikan pertama – tama adalah jenis produk yang Anda siapkan, cita rasa yang Anda hadirkan dan kemasan. Jika ketiganya bisa Anda maksimalkan maka tidak akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan closing dalam jumlah yang banyak.

Advertisement

Usaha Anda juga memiliki potensi yang sangat bagus untuk berkembang. Untuk memaksimalkan peluang bisnis makanan ringan, ada baiknya juga Anda perhatikan beberapa tips untuk memulai bisnis ini.

Adapun beberapa tips yang Anda perlu perhatikan untuk memulai bisnis makanan ringan diantaranya :

A. Perhatikan kualitas produk Anda

Agar bisnis makanan ringan yang Anda rintis berkembang dan diminati orang, coba Anda perhatikan kualitasnya. Gunakan bahan segar dan higienis untuk memproduksi produk Anda. Pastikan produk yang Anda produksi kualitasnya selalu terjaga termasuk soal keamanannya.

Jangan lupa pastikan Anda kemas makanan ringan yang Anda jual dengan kemasan yang baik dan menarik agar calon konsumen suka dengan makanan yang Anda jual. Kemasan yang menarik juga dapat menjadi suatu nilai tambah bagi produk Anda.

B. Tonjolkan ciri khas produk Anda

Apapun produk makanan ringan yang Anda jual, pastikan Anda berusaha menonjolkan apa yang menjadi ciri  khas produk Anda. Apa yang menjadi beda antara produk yang Anda produksi dengan produk lain sejenis perlu Anda informasikan kepada target market Anda.

Untuk mengetahui ciri khas produk Anda, pastikan Anda telah melakukan riset. Anda bisa cari penjual produk yang sama sekitar daerah Anda dan lihat apa kelebihan mereka yang menjadi kelemahan Anda dan lihat apa kelemahan mereka yang menjadi kelebihan Anda.

Kelebihan produk Anda perlu Anda tonjolkan, kelemahan produk Anda perlu Anda minimalisir. Dengan begitu ciri khas produk Anda akan menonjol dan potensi produk Anda terjual dalam jumlah besar akan Anda dapatkan.

C. Perhatikan kemasan produk Anda

Sebagus apapun kualitas produk Anda, jika tidak didukung dengan kemasan produk yang bagus tentu akan kurang menarik minat konsumen. Anda harus tahu bahwa kemasan makanan akan sangat membantu utamanya dalam hal promosi produk.

Semakin bagus dan menarik kemasan makanan Anda, maka cara promosi yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian dan minat pasar akan sangat mudah. Kemasan yang bagus juga dapat membantu meningkatkan nilai jual produk Anda karena kesan eksklusif akan tercipta.

D. Teruslah melakukan inovasi produk

Dalam menjalankan bisnis kuliner termasuk menjalankan bisnis makanan ringan, pastikan Anda terus menerus melakukan inovasi. Jangan pernah merasa puas dengan satu titik karena bisnis merupakan bidang yang harus terus bergerak.

Sekali saja Anda stagnan dan tidak bergerak maka tentu Anda akan mudah tergeser dengan bisnis lain baik itu bisnis baru atau bisnis lama yang inovatif. Agar hal tersebut tidak terjadi pada bisnis Anda maka melakukan inovasi produk menjadi hal yang sangat penting Anda lakukan.

Tak masalah jika produk yang Anda jual nyatanya sudah tersedia pada pasaran. Produk Anda tidak harus merupakan satu – satunya yang dijual di pasaran. Namun pastikan walau punya saingan, produk Anda punya nilai plus dan memiliki inovasi yang berbeda dari produk – produk lain yang sudah beredar. Hal ini merupakan aspek penting untuk memenangkan persaingan.

E. Gunakan strategi penjualan yang tepat

Strategi penjualan yang tepat juga penting untuk memaksimalkan penjualan suatu produk. Pastikan Anda mengenali pasar yang potensial dan kemudian perluas pemasaran Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas pangsa pasar Anda adalah dengan memasarkan produk Anda secara online.

Anda bisa memasarkan produk Anda melalui Facebook, Instagram dan WhatsApp. Jika memungkinkan Anda bisa memasang iklan berbayar agar semakin luas pangsa pasar yang Anda tuju. Untuk meningkatkan popularitas produk Anda, Anda dapat mengenali tren strategi penjualan.

Jika perlu berikan diskon pada pembelian dalam jumlah besar. Berikan juga reward kepada konsumen yang setia membeli produk Anda. Misalkan Anda berikan bonus free pembelian setelah 5 kali pembelian. Atau Anda bisa memberikan free 1 produk untuk pembelian lebih dari 10 produk misalnya.

Cara ini merupakan cara pemasaran yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan mendongkrak konsumen membeli barang dalam jumlah banyak atau dalam kurun waktu sesering mungkin.

F. Pastikan Anda menjual produk dengan harga terjangkau

Makanan ringan merupakan produk yang orang membeli jika mereka ‘suka’. Hal tersebut karena makanan ringan berbeda dengan makanan berat yang biasanya orang membeli ketika mereka ‘butuh’. Tidak butuh pun kalau makanan ringan yang Anda jual unik dan cita rasanya sesuai dengan lidah konsumen, mereka akan tetap membelinya.

Karena bukan produk ‘kebutuhan’ maka Anda harus memastikan Anda membanderol produk makanan ringan Anda dengan harga yang terjangkau.

G. Lakukan bundling dengan produk yang lain

Advertisement

Jika memang Anda ingin mengenalkan produk baru Anda kepada konsumen, Anda dapat membuat satu paket produk yang terdiri dari satu produk yang sudah ada kemudian dengan menambahkan produk baru yang Anda ingin pasarkan.

Metode paket atau bundling produk menjadi suatu cara promosi atau pengenalan produk baru yang sangat efektif kepada konsumen. Mereka akan memiliki antusiasme yang tinggi untuk mencoba produk baru, namun mereka juga akan tetap membeli produk lama sehingga closing akan jauh lebih mudah dan besar.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Pemendek URL Adtival

H. Lakukan tata kelola keuangan secara cerdas

Ketika produk Anda telah diinovasi dan dikenal luas didalam masyarakat, maka hal terakhir yang Anda harus perhatikan adalah tata kelola keuangan yang cerdas.  Suatu bisnis bisa berkembang atau mengalami kemunduran karena faktor manajemen keuangan.

Biasakan agar Anda memiliki catatan keuangan yang baik. Pisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Pastikan Anda mengembangkan usaha melalui perkiraan aset dan keuntungan yang dimiliki. Kemudian pastikan Anda tidak mengalami kebocoran pengeluaran. Caranya adalah dengan mengenali beban biaya usaha yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa tips memaksimalkan peluang bisnis makanan ringan yang Anda bisa lakukan. Semoga informasi yang kami berikan menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif untuk Anda.  

Matin Muhith I am an ordinary human being who wants to be extraordinary with effort and hard work. Writing is my way of filling my tired time after work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *